Tahap Audisi Putaran Kedua BornToProtect !

0

 

Sebenarnya ini sudah beberapa minggu yang lalu audisinya, tapi tidak apa – apa kalau saya share pengalaman saat ikut audisi kedua ini dengan waktu yang mungkin agak terlambat.hehehe.
Pertama – tama saya ucapkan selamat yang lolos babak kedua ini ( ada 100 peserta ), karena nanti akan mendapatkan pelatihan.Hasil bisa dilihat di https://www.borntoprotect.id/result

Dikutip dari B2P

Born To Protect adalah sebuah program dengan aktifitas terpadu untuk menjaring gladiator-gladiator muda di bidang Cyber security. Program ini digagas oleh Xynexis dan didukung sepenuhnya oleh KOMINFO.

Kompetisi ini adalah Kompetisi Cyber Security Nasional yang diharapkan setiap tahun bisa menjaring 10.000 kanditat talent Cyber Security Indonesia.

Untuk bisa menghimpun bakat-bakat Gladiator Cyber security Born to Protect akan hadir di 10 kota di Indonesia untuk melakukan Audisi.

Program Kompetisi ini akan memilih 100 gladiator IT untuk dididik menjadi Jagoan Cyber Security di event DIGITAL CAMP selama 2 Minggu. Dengan dibantu Mentor-mentor handal diharapkan bisa menciptakan talent yang berkualitas dari generasi muda Indonesia.

Nah waktu itu tanggal 29 Mei 2018 mulai audisinya di website https://online.borntoprotect.id.Seperti biasa, para peserta dihadapkan dengan soal – soal CTF.Ada berbagai macam – macam soal yang kategorinya bisa teman – teman lihat referensi dibawah.Saya sertakan beberapa screenshot saat saya mengikuti audisi online kedua B2P CTF ini.

Ada sekitar 20 soal yang harus diselesaikan.Untuk kategorinya ada :

  1. Crypto
  2. Forensic
  3. Mixed
  4. Programming
  5. PWN
  6. Quiz
  7. Reverse
  8. SQLi
  9. Web

Nahh, jujur saja dalam CTF ini tidak hanya mengandalkan tools saja lhoo..Benar – benar harus kreatif dalam penyelesaian setiap kasusnya ( untuk mendapatkan flag ).Karena tool sifatnya hanya membantu, tetapi analisa sangat diperlukan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan, menggunakan tool yang seperti apa, dan dimana bisa mendapat flagnya.Saran dari saya kalau mengikuti kontes – kontes semacam ini adalah benar – benar banyak latihan karena teman – teman akan menemukan pola – pola soalnya.Misalnya dalam pencarian flag dalam website biasanya akan diberikan flag jika berhasil melakukan login, sql injection, modifikasi cookie, modifikasi header, decode javascript string, dll.Tidak kalah penting, kemampuan Googling adalah hal yang mutlak juga, karena bisa saja soal yang ingin dicari flagnya adalah hal baru dan kita harus belajar / mencari referensi saat itu juga misalnya dengan kata kunci yang ada di soal.

– Berikut beberapa link CTF yang bisa kalian gunakan untuk belajar/warming up:

2017.picoctf.com

 

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY