Persiapan Sebelum Launching Sebuah Website

0

Sebelum launching website ke server web hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada website.

1. Kualitas Konten

Pastikan website anda memiliki isi konten yang relevan sesuai dengan tema website yang sudah dikembangkan.Tentu ini akan membuat pengujung lebih mengerti tentang website yang anda miliki mempunyai topik apa.

2. Aksesibilitas Website

Perhatikan aksesibilitas website anda, agar semua orang dapat menggunakan dan mengunjungi website anda dengan nyaman dengan navigasi yang user – friendly tentunya.Anda bisa mempelajari tentang aksesibilitas website yang sudah ada standarnya langsung dari W3C.Jika dari W3C terlalu panjang dan kompleks, anda bisa menggunakan checklist yang memudahkan anda untuk memperhatikan aspek – aspek aksesiblitas website.Kalau dari checklist anda perlu mengetestnya secara manual untuk aksesibilitas, anda bisa gunakan yang namanya web accessbility tester / checker yang mana langsung memberitahukan tentang optimasi untuk aksesbilitas website.

3. SEO

Menurut saya kalau SEO itu merupakan optimasi website kita agar dikenali oleh search engine, jadi misalnya seperti Google yang mengenali website anda saat anda mengetikan nama artikel atau website anda dikotak pencarian.Bisa muncul, tetapi belum tentu dihalaman pertama atau sudah dihalaman pertama tetapi tidak menempati rangking 1.Bagaimana solusinya ? ya benar, SEO.Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengoptimasi website.Berikut referensi yang bisa anda baca untuk membantu anda dalam mengoptimasi sebuah website dimata search engine.Artikel ini akan membantu anda dalam mengenai SEO lebih mendetail.Anda juga bisa menggunakan tool – tool SEO yang tentunya akan mendukung percepatan optimasi website anda.

4. Sitemap

Nah bagian ini yang mendukung juga untuk SEO.Website akan mudah di crawl search engine saat memiliki sitemap.Karena sitemap ini merupakan pemetaan seluruh link pada website anda.Jadi semua link yang dimiliki website anda akan ditampung pada halaman ini.Anda bisa menggunakan tool yang bernama Sitemap generator atau tools sitemap lainnya.

5. Google Webmaster

Produk dari Google ini membantu para webmaster dalam melakukan pemantauan dan analytics pada website.Dengan menggunakan Google Webmaster, pemantauan situs jadi lebih efisien tentu website anda juga akan lebih akrab dengan search engine Google.Untuk cara penggunaannya anda perlu memverifikasi dulu situs yang anda ingin dimasukan ke Google Webmaster.

6. 404 Pages

Halaman not found atau yang populer disebut 404 pages adalah ketika mengunjungi sebuah website, tetapi resource atau halaman yang ingin dicari tidak ditemukan didalam server.Ini akan memunculkan error dari sisi web server.Tentu tampilannya kurang friendly jika hanya menampilkan sebuah pesan error dan tulisan 404.Maka dari itu sangat disarankan untuk memiliki halaman 404 ini yang didesain user – friendly guna memudahkan navigasi pada website atau mengarahkan pengguna untuk kembali ke website semula.Anda bisa mencari contoh – contoh halaman 404 atau bisa juga memilih theme premium yang tentunya akan meningkatkan style dari sebuah website.

7. Social Media

Siapa di era sekarang yang tidak memiliki sosial media ? banyak orang yang memiliki media sosial sebagai sarana berkomunikasi, sharing, diskusi, jual beli, dan mencari koneksi mitra kerja.Tentu website yang diberi link atau dihubungkan dengan media sosial akan memberi nilai plus untuk website.Anda bisa mencari tau media sosial yang sedang trend saat ini.

8. About

Halaman about sangat berguna untuk mengenalkan website yang anda punyai misalnya seperti pada website ini akan ada perkenalan mengenai diri anda atau menceritakan tentang website anda.

9. Contact

Jika website yang sedang anda kembangkan milik perusahaan tentu akan sangat berguna jika menampilkan contact yang berisi informasi nomor kontak perusahaan serta lokasi kantornya.Ini berguna saat ada orang lain yang ingin menggunakan jasa yang ditawarkan pada website anda.

10. Menu Navigasi

Menu navigasi diperlukan pengguna untuk menjelajahi setiap informasi yang ada di website anda.Menu Navigasi yang simple akan memudahkan pengujung langsung to the point mencari informasi yang diperlukan dari website anda.Tidak hanya menu navigasi, anda bisa menambahkan search form / form pencarian juga.

11. Load Speed

Kecepatan website sangat mempengaruhi jadi atau tidaknya pengujung website membuka website anda.Jika terbukanya website terlalu lama ( misal lebih dari 30 detik ) tentu pengujung akan langsung mengclose website anda dan segera mencari referensi di website lain.Idealnya website terbuka dalam waktu 5 – 8.Anda bisa mengetest kualitas website dan test kecepatan website dan segera melakukan optimasi, supaya perfoma website meningkat.

Oke selamat publikasi website ke web hosting pilihan kalian.

Dewaweb

LEAVE A REPLY