Panduan & Persiapan Lomba LKS Bidang Web Design Jogja

3

Halo, apa kabar !! artikel ini untuk teman – teman yang membutuhkan panduan praktis untuk persiapan lomba LKS di Jogja khususnya Bidang Web Design.Sebenarnya tidak hanya teman – teman yang akan mengikuti lomba saja melainkan teman – teman yang ingin belajar tentang cara mendesain website.

Tulisan ini terinspirasi ketika saya diminta untuk melatih adik kelas saya di sekolah SMK saya dahulu, dan saya bagikan juga ke blog ini dengan tujuan memberikan arahan dalam pembuatan website.

Baik, akan saya arahkan bagaimana cara mempelajarinya poin – poin penting pada proses pembuatan website pada saat lomba nantinya.

Pertama, Anda bisa mendownload kisi – kisi lombanya di Website UNY LKS DIY 2017.Kalau penasaran apa yang dilombakan pada tahun 2016 bisa dicek juga.

Setelah mendownload kisi – kisinya lalu perhatikan website apa yang akan dibuat serta perhatikan juga penilaian, perlengkapan, software, dan detail lain yang ada di kisi – kisi tersebut.Setelah memahami, saya berikan daftar secara singkat hal – hal penting yang wajib disiapkan & dipelajari.

Setelah saya berikan daftar hal – hal penting ini saya akan mencoba memberi pengarahan untuk proses membuat websitenya.

Perlengkapan : 

  1. Dreamweaver – software desain website
  2. Browser – Internet Explorer, Google Chrome, Firefox
  3. XAMPP 1.8.1 – web server dan database
  4. PHP Manual – dokumentasi bahasa pemrograman PHP
  5. Content Websites (Text, Picture, Sound, Movie)

Pelajari : 

  1. Pahami kisi – kisi
  2. Dreamweaver ( software desain website )
  3. HTML & CSS untuk desain website
  4. PHP untuk proses website
  5. MySQL untuk database
  6. Javascript untuk website lebih interaktif ( jQuery )

Latihan :

  1. Mengoperasikan Dreamweaver + Layout Website ( wireframe )
  2. Cek kelengkapan software
  3. Desain website sesuai dengan sitemap
  4. Mengisi konten website ( HTML & CSS )
  5. Mengoperasikan phpmyadmin & xampp
  6. Membuat sistem informasi lomba ( PHP MySQL )

Persiapan Sebelum Lomba : 

  1. Tampilan website yang akan dibuat
  2. Database website yang akan dibuat
  3. Konten website ( disimpan di flashdisk )
    1. Teks meliputi tulisan yang akan digunakan pada website ( isi )
    2. Picture untuk gambar – gambar pada website
    3. Sound & Movie ( Konten Multimedia )
  4. Saat TM ( Technical Meeting ) tanyakan hal” yang masih dibingungkan !

Dan yang terakhir adalah kesiapan Anda disaat lomba yaitu selalu memperhatikan setiap detail pertanyaan & permintaan spesifikasi website yang sudah dicantumkan pada lembar soal.Ini sangat mempengaruhi penilaian dari website Anda disamping keindahan desain website, proses yang terjadi pada website, dan aspek lain pada website.

Nah sekarang Anda sudah tahu betul apa saja yang perlu dipelajari dalam pembuatan website nanti disaat lomba.Tentunya Anda perlu tahu website seperti apa yang ingin dikembangkan.Setelah selesai mengkonsep website bisa dilanjutkan tahap implementasi website dengan software Adobe Dreamweaver.

Mungkin Anda bertanya, kenapa tidak langsung dengan Edit Plus saja yang murni koding ( tanpa fitur drag and drop ) kan bisa lebih cepat.Yup, itu bisa menjadi pilihan pertama Anda ketika Anda sudah lancar membangun kodenya dari nol.Tentunya text editor tersebut sudah dilengkapi dengan yang namanya Auto Complete.Lalu kenapa Adobe Dreamweaver ? Fleksibel saja sebenarnya, ada tampilan layout untuk desain dan koding atau keduanya serta ada banyak fitur yang sangat membantu dalam pemrosesan kode ( tidak perlu mengetik kode dari awal ).Terserah Anda lebih nyaman yang mana atau menggunakan keduanya juga bisa kalau memang Anda bisa lebih produktif saat pengerjaan.

Setelah membuka Adobe Dreamweaver lalu segera buat definisi site ( new site ) dan mulailah merncang segala aspek website Anda dari desain, proses website, dan databasenya serta konten – konten yang akan dimasukkan pada website.Pada referensi dibawah saya berikan link tutorial dreamweaver dan tutorial bahasa scripting yang digunakan pada website.

Kata kunci yang bisa Anda gunakan untuk mencari referensi lain : 

wireframe website, layout website, sitemap, sistem informasi, desain website, crud php mysql, pemrograman php, menggunakan phpmyadmin

Referensi :

Ada pertanyaan ? silahkan tinggalkan komentar…

Semangat ya !!

    • Halo Alfian,

      Kalau di lomba LKS kita membuat halaman dashboard untuk admin ( biasanya sistem informasi ) tentunya buat memanajemen situs ya.

      Kalau landing page alias halaman depan ini juga diperlukan yaa.untuk publik mengetahui website apa yang kita buat dan informasi apa yang ingin ditampilkan ( tentunya sesuai kriteria dan improvisasi ya ).

      Semoga membantu 🙂

LEAVE A REPLY