Ngulik Front End ( React & Vue ) di JogjaJS 13

0

Hari sabtu, tanggal 11 Agustus 2018 saya mengikuti acara yang diselenggarakan JogjaJS.Pertemuan yang ke-13 ini menghadirkan 2 pembicara ahli dibidang front – end.Ada Giga Prakoso Hikmata yang membawakan materi Nativescript Vue dan Adiatama yang membahas React Component Patterns.

Oh iya, waktu itu daftarnya karena ada teman yang mengajak yang whatsapp saya.Saya daftar melalui link google form dan ini link resmi JogjaJS.

Yang pertama, mas Adiatama membahas tentang pola – pola yang biasa digunakan untuk pengembangan aplikasi React.

  • React Component Pattern
  • State
  • Statefull
  • Demo pattern

Intinya sih kita diberi tahu pola pengembangan pada React ini, jadi sewaktu kita bangun project dari awal, kita harus tau komponen mana yang musti dibikin dulu.

Yang kedua, mas Giga mengajarkan cara membuat aplikasi mobile yang berbasiskan Nativescript Vue.

Nah kalau yang satu ini agak asik sih, bisa membuat aplikasi Android dengan teknologi website tapi gak hybrid lhoo yaa.Ini tetap murni native android hasilnya.Javascript disini berperan sebagai jembatan antara script native dan teknologi web.
Asik kan ? kalau bicara perfoma, jelas script native dapat diandalkan dibandingkan teknologi hybrid yang memanfaatkan webview sebagai penampil utama aplikasinya.Yang lebih asik, saat menyimpan aplikasi bisa realtime update, jadi lebih cepat kan buat developmentnya.

Langsung saja materi presentasi dari mereka yang bisa saya share buat teman-teman sekalian.

Join juga yuk komunitas JogjaJS di telegram, http://t.me/jogjajs.Kedepannya ikut juga ya meetupnya..

Oh iya, yang gak kalah menarik, tempat meetupnya kan di Wonderlabs Armstrong.Nah, disana juga sempat dijelasin apa itu Wonderlabs.Kalau dari pemahaman saya, Wonderlabs ini mencari tenaga IT profesional dan menghubungkan dengan klien yang membutuhkan tenaga IT untuk mengerjakan projectnya.Yang menarik, ini kelasnya sudah Internasional ! jadi project2 luar negeri bisa dikerjakan juga melalui Wonderlabs ini.Tentu saja buat tesnya juga sepadan ( masih berusaha buat selesaikan test onlinenya, gak tau bisa selesai kapan XD ).

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY