Merapikan Kode HTML Dengan Cepat

0

Biasanya kode HTML yang dibuat bisa saja tak begitu rapi karena kurang memperhatikan tab indent, perbedaan jarak tab pada setiap komputer yang digunakan akan membuat kode berantakan.Sebenarnya bukan hanya kode HTML saja yang perlu dirapikan tapi berlaku untuk semua kode.Pertanyaan yang mungkin muncul adalah kenapa perlu dirapikan ? yang penting kan hasil atau tampilannya oke.Baik, setuju.Saya bertanya kembali, bagaimana jika kode itu akan dibaca atau perlu dimodifikasi orang lain atau kalian ingin memodifikasinya lagi setelah sekian lama tidak menyentuh kode itu ( bisa sebulan atau setahun kedepan ) apa bisa membaca kodenya dengan mudah ? Tentu tidak, bisa dijamin pusing sendiri.

Nah solusinya menggunakan yang namanya HTML Beautifier, sebenarnya banyak sekali yang sudah menciptakan tools ini.Bisa langsung coba googling.Tetapi disini saya akan menggunakan tool ini http://jsbeautifier.org/.

Sudah terbuka ?

Bisa langsung test, dengan mem-paste code HTML yang kalian punya.Setelah di paste, langsung tekan tombol Beautify.Sudah rapi bukan ?

Aplikasi – aplikasi semacam ini sangat membantu kita untuk tidak buang – buang waktu dengan cara merapikan kode secara manual.Lain kali saya akan share lagi tools yang membantu dan memudahkan kita dalam development.

LEAVE A REPLY