Mengenal tentang Internet Of Things ( IOT )

0

Sedikit cerita sebelum saya mengenalkan tentang IOT, saya tertarik sharing tentang hal ini dikarenakan pada tanggal 18 September 2017, saya mengikuti seminar dengan tema “Internet of Things on Medical Health”.Ada dua pembicara yaitu Prof. Dr. Mohd. Yazid Idris dari Faculty of Computing Universiti Teknologi Malaysia dan Denis Stiawan, Ph.D. dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya.Materi yang disajikan pun sangat berbobot.Dari Pengenalan tentang Internet Of Things, persiapan pengembangannya, teknologi yang digunakan pada IOT dan tentunya penjelasan IOT yang berkaitan dengan dunia medis.Pembicara satu ( Prof. Yazid ) juga memberikan demo aplikasi IOT untuk menampilkan data, memeriksa berat badan, dan demo untuk on-off lampu led.Aplikasi demo ini mengintregasikan setiap benda dengan aplikasi berbasis web sebagai pengendali dan sebagai pemberi informasi.

Menurut saya IOT ini adalah implementasi dari teknologi internet yang menghubungkan setiap device yang ada dan setiap device dapat berkomunikasi langsung dengan device lainnya.Jadi, internet sebagai sarana berkomunikasi antar device ini.Setiap device yang melakukan proses tertentu akan mengirimkan signal ke device yang dituju dan memberikan informasi sesuai permintaan ( request ).Tentu aplikasi IOT sudah tergolong sangat cerdas.Data yang terus tersinkron secara real-time membuat kita mudah mengetahui dan mendapatkan informasi dalam suatu perangkat yang diimplementasikan dengan IOT ini.

Lebih dasar mengenai IOT ini Anda perlu mengetahui tentang definisi IOT yang bisa anda baca di https://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/

Dalam dunia medis, bisa saja IOT yang diimplementasikan adalah sensor untuk manusia yang akan mendeteksi informasi seputar tubuh manusia seperti suhu badan, kesehatan, detak jantung, kalori, dll.

Contoh lain pemanfaatan teknologi IOT ini adalah teknologi Wearable Device seperti Health Tracker pada bidang kesehatan dan Google Glass.

Contoh lain mengenai pemanfaatan teknologi IOT bisa Anda cari dengan kata kunci pada search engine sebagai berikut :

  • Implementasi IOT
  • Pemanfaatan Teknologi IOT
  • Contoh Internet Of Things
  • dan lainnya dengan kata kunci IOT

Sebelum melakukan pengembangan dengan IOT, akan jauh lebih mudah ketika kita tahu cara IOT bekerja.Saya menyarankan Anda membaca artikel ini http://www.mobnasesemka.com/internet-of-things/ dan http://www.progresstech.co.id/blog/internet-of-things/.

Setelah mengetahui cara kerjanya, Anda bisa memulai mencari contoh – contoh implementasi Internet Of Things yang bisa anda dapatkan di https://www.programmableweb.com/category/internet-things/source-code dan https://techbeacon.com/67-open-source-tools-resources-iot

Untuk keperluan pengembangan hardware Anda perlu mengetahui dan mengenal tentang Raspberry dan Arduino.

Sangat luar biasa penggunaan IOT ini, Anda benar – benar dapat mengendalikan device melalui internet dimanapun dan kapanpun.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat..

LEAVE A REPLY