Mengenal Firewall dan Manfaatnya

0

Beberapa hari yang lalu, VPS server yang harus saya tangani mengalami masalah saat ingin melakukan setting SMTP.Padahal secara teknis setting SMTP saya sudah melakukan dengan benar secara keseluruhan termasuk setting DNSnya.Saya meminta bantuan kepada orang yang ahli dalam bidang jaringan dan saya baru tahu ternyata masalahnya ada di Firewall yang bentrok.Sebagai informasi, VPS yang saya tangani menggunakan OS Ubuntu.

Baik, setelah mengetahui permasalahan di Firewall.Ada penjelasan dari seorang freelancer yang membantu saya dalam permasalahan ini.Intinya, di VPS yang saya tangani memiliki packagas iptables yang juga berfungsi sebagai firewall dengan interfacenya ufw.Ketika dilakukan pemeriksaan ufw default ubuntu berjalan bersamaan dengan netfilter lainnya sehingga terjadi konflik. ketika port 587 dibuka di ufw, si netfilter satu lagi menutup, demikian sebaliknya dan jika dimatikan keduanya baru, port 587 terbuka.

Pada akhirnya ufw, perlu dimatikan sehingga tidak terjadi konflik dengan netfilter yang sama – sama memiliki fungsi sebagai penyaring lalu lintas data.

Baik, sharing diatas merupakan konflik yang saya alami ketika belum paham cara kerja dari firewall itu sendiri.Baik, dibawah ini saya akan share tentang pengertian firewall ( ufw ), iptables, dan netfilter.

Menurut Roji (2010) Firewall merupakan suatu cara atau mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware, software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik  dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan pribadi dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN)

iptables adalah suatu tools dalam sistem operasi linux yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan filter (penyaringan) terhadap (trafic) lalulintas data. Secara sederhana digambarkan sebagai pengatur lalulintas data. Dengan iptables inilah kita akan mengatur semua lalulintas dalam komputer kita, baik yang masuk ke komputer, keluar dari komputer, ataupun traffic yang sekedar melewati komputer kita.
Netfilter merupakan framework filtering paket yang digunakan di linux kernel 2.4 dan 2.6. Aplikasi yang biasa diasosiakan dengan Netfilter adalah iptables, yang merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses fasilitas yang dimilik oleh Netfilter. Namun perlu diingat, Netfilter dan iptables adalah dua hal yang berbeda, Netfilter merupakan aplikasi kernel yang dapa digunakan oleh linux untuk melakukan filtering paket yang cukup canggih seperti NAT, QoS, mangle paket, ataupun manajemen status paket. sedangkan iptables adalah aplikas pengguna yang dapat digunakan untuk mengatur Netfilter sesuai dengan keinginan pengguna.
Jadi, dalam lalu lintas jaringan diperlukan penyaringan saat melakukan komunikasi antar jaringan.Komunikasi antar jaringan ini sangat perlu diperhatikan lalu lintasnya supaya dalam penyampaian komunikasi antar komputer satu dengan komputer lainnya supaya data terkirim dengan baik.Kenapa perlu dilakukan penyaringan ? karena ini untuk mengamankan lalu lintas data yang luar biasanya banyaknya.Jika tidak dilakukan penyaringan, akan sangat mudah jaringan dibobol dan diretas.Maka dari itu perlu juga diperhatikan mana lalu lintas yang perlu diperbolehkan diakses atau dilakukan penyaringan lalu lintas data.
Referensi :

LEAVE A REPLY