Mengenal API ( Application Programming Interface ) 

0

API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintahfungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunakuntuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain. -Wikipedia

Dengan API, walaupun berbeda program tetapi dapat berinteraksi satu dengan lainnya, tentu ini akan mempermudah programmer karena tidak perlu membuat fungsi – fungsi dari awal lagi melainkan hanya memanggil / call fungsi lain sesuai kebutuhannya.

Saat ini, sangat banyak API yang tersedia untuk para programmer untuk melakukan pengembangan jauh lebih produktif dan tentunya dengan fungsi – fungsi yang sudah dioptimasi.Jadi, programmer bisa fokus kepada proses bisnis yang ada.Aplikasi yang dihasilkan pun lebih cepat jadi & kualitas lebih terjamin.

Contoh API yang sangat familiar tentu saja produk dari API Google seperti Google Maps yang memperbolehkan user untuk menggunakan fungsionalitas dari Google Maps dan mengintegrasikan langsung dengan aplikasi yang ingin dibangun sendiri.

LEAVE A REPLY