Loading Ubuntu Linux Lambat ? Ini Cara Mempercepat Bootingnya !

0

Banyak faktor yang menjadikan loading di Ubuntu Linux lambat, salah satunya kebanyakan service yang berjalan saat memulai boot atau startup application.Hal lain bisa saja mempengaruhi seperti fitur UEFI atau secure boot, juga mempengaruhi kecepatan loading di OS yang satu ini.

Untuk cara – cara mempercepatnya kita harus tau dulu seberapa cepat atau lambat booting OS dengan mengetikan perintah systemd-analyze danĀ systemd-analyze blameĀ untuk menganalisa kecepatan booting dari firmware, loader, kernel, hingga userspacee.Setelah mengetahui, langsung saja eksekusi langkah – langkahnya seperti mematikan service yang tidak diperlukan atau menguninstall program yang tidak lagi digunakan, setting grub, disable startup application dan lain – lain sebagainya.

Dibawah ini kumpulan link yang berhasil mempercepat mesin saya yang tadinya 1 menit 20 detik menjadi 34 detik saja untuk booting ! Mungkin bagi pengguna SSD dan mengoptimasi lebih lanjut bisa booting hanya dengan waktu kurang lebih dari 10 detik bahkan 3 – 5 detik saja !

https://www.howtogeek.com/115797/6-ways-to-speed-up-ubuntu/

How to Resolve Slow Boot Times in Ubuntu 16.04

 

10 Killer Tips To Speed Up Ubuntu Linux

Speed Up Linux Boot by Disabling Services

http://www.ubuntubuzz.com/2012/01/how-to-increasespeed-up-ubuntu-booting.html

https://www.linuxbabe.com/ubuntu/4-tips-speed-up-ubuntu-16-04

https://askubuntu.com/questions/869500/why-my-ubuntu-16-04-lts-suddenly-become-very-slow

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY