Learn From Telkom Hackathon 2018

0

Kegiatan Hackathon yang diselenggarakan oleh Telkom.Pertama kali lihat info lombanya di Jogja Digital Valey dan saya sempat mengikuti roadshownya pada tanggal 20 Desember 2017.Pada saat roadshow dijelaskan tentang acara hackathon dan mengenai API Telkomxsight yang wajib digunakan untuk membangun aplikasi saat hackathon nantinya.

Di roadshow tersebut dijelaskan tentang startup & kegiatan Telkom Hackathon ini.Awalnya saya tidak tertarik mengikuti lomba ini karena saya belum paham betul cara implementasi API tersebut.API dari xsight bisa diakses lewat telkomxsight.com.

Untuk informasi lombanya sendiri, saya mengakses melalui https://expose.uzone.id/hackathon.Ada beberapa kategori aplikasi yang dibuat yaitu :

  1. E-Commerce
  2. Logistik
  3. Payment /Fintech
  4. Umum

Setelah membaca website itu, saya belum terpikirkan ide untuk mengembangkan aplikasi dari pilhan kategori diatas.

Selang beberapa minggu, waktu itu sekitar akhir Januari akhirnya saya jadi mengikuti kontes ini dengan aplikasi kategori Fintech.Beberapa minggu mengembangkan aplikasi dan pada tanggal 11 Februari 2018 mengirimkan Prototype Aplikasi ( MVP ) beserta dokumennya dan menguploadnya ke situs kontes Telkom Hackathon.

Beberapa hari menunggu seleksi internal dari panitia dan pada tanggal 15 Februari 2018 diumumkan Top 20 Grand Finalis Telkom Hackathon 2018 melalui email.Ada juga media yang menulis berita tentang ini di detik.Ada sekitar 390 peserta yang mengikuti kontes ini.

Senang mendengar informasi tersebut dan segera juga menyiapkan video perkenalan tentang aplikasi yang sudah dibuat & menyempurnakan aplikasi kembali.

Berangkat & sampai ke Bandung tanggal 23 Februari 2018, tiba di hotel dan malam harinya mengikuti briefing untuk Hackathon.Tanggal 24 Februari 2018 menuju Bandung Digital Valey ( BDV ) untuk mengikuti pembukaan, Coaching Clinic 1 & 2, dan Hackathon Day.

Di Coaching Clinic 1 banyak belajar mengenai pentingnya metode pengembangan software & kolaborasi serta pengetahuan tentang startup.Di Coaching Clinic 2 banyak belajar mengenai startup & e-commerce.

Setelah selesai Coaching Clinic lalu mulai Hackathon Day 1, tentu saja untuk menyempurnakan aplikasi yang sudah dikembangkan.Di sesi ini peserta boleh langsung berkonsultasi kepada ahli & tim teknis langsung pada saat peyempurnaan aplikasinya.Di hari selanjutnya juga sama, hanya saja Hackathon Day yang hari terakhir saya khususkan untuk mempersiapkan presentasi.Setelah mengetahui waktu Hackathon Day terakhir selesai dan sesi presentasi pun dimulai.Saat presentasi setiap peserta melakukan presentasi didepan juri dengan maksimal waktu 10 menit.

Selesai presentasi, menuju lantai 6 untuk Gala Dinner dan menunggu Pengumuman Juara & Penyerahan Hadiah.Setiap kategori akan dipilih juaranya dan dipilih 2 tim terbaik untuk benchmark ke Sydney & Budapest.

Tim dewan juri memilih juara dan aplikasi terbaik setiap kategori sebagai berikut.

– Juara Pertama & The Best General Category App: Gifood (Yogyakarta)
– Juara Kedua: Sorella (Jakarta)
– The Best E-Commerce App: Tukang Dagang (Bandung)
– The Best Fintech App: Digital Koperasi (Jakarta)
– The Best Logistic App: HappyDeliv (Jakarta)

Berita bisa dilihat di http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/gNQyDaON-gifood-juarai-telkom-hackathon-2018

Walaupun belum juara, di Hackathon ini belajar banyak hal dan beberapa hal yang bisa saya bagikan :

  1. Kenali kategori aplikasi & ide aplikasi
  2. Kenali permasalahan, merancang aplikasi berdasarkan permasalahan yang dialami & solusi harus efisien dan unik perhatikan juga fitur”nya dan siapa penggunanya
  3. Waktu Hackathon sangat terbatas, atur prioritas yang harus diselesaikan / disempurnakan
  4. Pembagian tugas dalam team sangat diperlukan
  5. Persiapkan presentasi, pelajari cara presentasi & pitching
  6. Penggunaan API sangat disarankan karena jauh lebih produktif & mempercepat pengembangan aplikasi
  7. Gunakan tools yang menunjang produktifitas & kolaborasi seperti trello, github

Selamat kepada para pemenang ! dan semoga artikel ini bermanfaat !

 

hackathon.guide

 

LEAVE A REPLY