HTML Sebagai Dasar Pengembangan Website

0

Web Development adalah segalanya tentang bagaimana situs web dibuat termasuk pengembangan situs web dan perancangan pengembangan situs web.Web dapat dengan mudah dibuat saat kita hanya membuat halaman statis dan menjadi lebih kompleks saat kita mengembangkan halaman dinamis. Kita menggunakan HTML untuk membuat blok dan markup situs web dan Menggunakan CSS untuk mengatur style agar website terlihat cantik, dan Javascript membuat website lebih interaktif dan dinamis. Tiga bahasa di atas digunakan untuk pengembangan website statis.

Ketika kita ingin membuat website yang dinamis, kita memerlukan bahasa back-end dan server web untuk menangani proses ini. Bahasa back-end yang populer saat ini adalah PHP, Ruby dengan Ruby on rails, NodeJS, Python dengan Django.Kita juga membutuhkan editor teks untuk membuat kode web. Saya merekomendasikan Atom Text Editor, sangat hackable. Ini berarti Anda bisa memodifikasi, mengedit preferensi, menambahkan plugin dan menggunakan editor teks ini senyaman mungkin.

Oke, sekarang kita lihat contohnya.

contoh kode HTML:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Page title</title>
</head>
<body>
<h1>heading text</h1>
<p>paragraph text</p>
</body>
</html>

Kita sudah menggunakan tag dasar HTML seperti <html> untuk mengawali kode html, <head> untuk memberi informasi ke situs web, <title> untuk nama halaman web, <body> untukmengawali kode tata letak halaman web, <h1> untuk judul teks, <p> untuk teks paragraf.Perlu diingat setiap tag HTML perlu menutup tag.contoh: <html> </ html>. Meskipun beberapa HTML tidak memerlukan tag penutup seperti <hr /> atau <hr> untuk garis horizontal, dan <br /> atau untuk breakline.

contoh kode CSS:

html {
 background-color: #000;
}

Sekarang kita atur style ke html tag yang tag htmlnya akan memiliki warna background # 000 (kode heksadesimal untuk warna hitam)

contoh kode javascript:

<script>
    document.write("This is Javascript");
</script>

Pada script di atas, kita tinggal menulis teks “This Is Javascript” tanpa tanda kutip.

contoh kode PHP:

<?php
echo "PHP is Here";
?>

Akan menampilkan tulisan PHP untuk teks “PHP is Here” tanpa tanda kutip.

Dan yang terakhir, belajar pengembangan web hanya bukan tentang ‘bagaimana cara menulis html, css, javascript, php, dll kode’. Kita perlu belajar cara terbaik bagaimana mengembangkan website yang lebih baik termasuk teknik – teknik pengembangan, keamanan, perfomance, user experience, dll.

Tips :

  • Pelajari komponen situs satu per satu. Anda bisa belajar HTML dulu, lalu CSS. Setelah itu masuk ke PHP atau Javascript.
  • Untuk bahasa back-end ada baiknya untuk menguasai satu, tapi sebelum menguasai satu Anda bisa mencoba dan mencicipi setiap bahasa seperti mencoba Ruby, NodeJS, Python dan mulai membandingkan apa kelemahan dan kekuatan atau keuntungan saat menggunakan bahasa tersebut.
  • Gunakan tool untuk mengembangkan situs web seperti library dan framework namun jika Anda ingin tahu persis bagaimana kerjanya, pelajari inti kode dan mengembangkan sendiri. Tapi untuk permulaan, sebaiknya pelajari komponennya.

Oh iya, sekedar informasi kalau Anda ingin melihat kode dalam website ( HTML, Javascript, CSS ) , bisa menggunakan CTRL + U pada browser Anda.

LEAVE A REPLY