Dasar – Dasar Linux Untuk Bekerja Dalam Server

0
server

Sebelum bekerja dalam server menggunakan Linux, tentu lebih baik mengenal sejarah Linux terlebih dahulu.Jika kita ingin menggunakan Linux sebagai server kita mengenal yang namanya VPS.Di dalam VPS biasanya bisa diibaratkan kita menyewa komputer yang bisa kita setup dari awal hingga melakukan aktivitas – aktivitas layaknya pengguna komputer biasa.Inilah kekuatan virtualisasi.Di VPS kita akan mengendalikan komputer secara remote dan akan menggunakan tools yang bernama SSH untuk mempermudah berkomunikasi dengan server VPS tersebut.Berikut istilah – istilah yang biasa digunakan untuk server.

  1. Upgrading – melakukan penginstalan versi terbaru dari semua paket saat ini yang sudah terinstal
  2. Update – Berbeda dengan upgrade, update adalah untuk pembaharuan sebuah program untuk kinerja lebih baik atau perbaikan terhadap kode program karena adanya kesalahan / bug.
  3. User management – pengaturan akses user.
  4. File system – sistem untuk mengorganisasi file-file pada device ( mis. ext2, ext3, ext4 ).
  5. Backup tools – tools untuk melakukan pencadangan file atau sistem, tujuannya tentu untuk menjaga data – data jika suatu waktu data tersebut bermasalah agar bisa dikembalikan dengan backup sebelumnya.
  6. Server software – software yang biasa digunakan dalam server ( mis. web, database, LAMP, FTP, NFS, email )
  7. Firewall –  sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari serangan atau akses yang ilegal dari luar.
  8. Software management – software khusus untuk manajamen software untuk memudahkan proses upgrade, update, delete, dan instal.
  9. Cron Job – tools untuk otomatisasi suatu proses ( mis. otomatisasi penghapusan file di folder tmp setiap 3 hari sekali ).
  10. Text Editor – software untuk melakukan pengeditan teks ( mis. nano, vi ).
  11. Webmin untuk web-based administration – Web Aplikasi untuk memudahkan manajemen server karena user nantinya tidak perlu direpotkan dengan command – command yang rumit melainkan tinggal klik.

Semoga bermanfaat, anda bisa mulai mencari referensi lebih dengan kata – kata kunci yang ada diartikel kali ini.

LEAVE A REPLY