Cara Saya Mendapatkan Semua Nomor WHATSAPP di GROUP

0

Akhir – akhir ini saya sangat tertarik dengan bahasa pemrograman javascript yang sangat dekat dengan yang namanya browser.Jadi, melakukan kegiatan sehari – hari bersama javascript sangat membantu saya.

Terinspirasi karena bergabung pada banyak group whatsapp dan ingin meng-save kontaknya satu – persatu.Karena sangat malas jadi saya membuat script yang membantu saya untuk melakukan aktivitas pengambilan nomor – nomor di group whatsapp.

Setelah mengetahui nomor yang ada, tidak langsung otomatis tersave di kontak ya.Kita perlu olah lagi datanya.Mungkin scriptnya terlalu sederhana jadi masih jauh dari sempurna yang masih perlu melakukan ini itu untuk mencapai tujuan yaitu mengambil nomor dan tentunya menyimpannya.

Untuk menyimpannya sendiri, kita akan dibantu dengan menggunakan Google Contact.Yang perlu kita lakukan adalah menyimpan file CSV.

Belum tahu file CSV itu apa ? CSV adalah teks yang dipisahkan dengan tanda koma sesuai namanya sih yaitu Comma Separated Value.Jadi, dengan CSV ini kita akan melakukan input data sekaligus.Tentu saja untuk mempercepat proses penyimpanan nomor kontak yang jumlahnya bisa ratusan ( max jumlah anggota group diwhatsapp adalah 255, tapi saya pernah lihat ada yang bisa menampung 256 bahkan 257, tidak tahu kenapa ).

Baik, langsung saja kita praktikan.Berikut langkah – langkah yang akan kita gunakan untuk mengambil nomor whatsapp hingga menyimpannya di kontak kita :

  1. Buka web.whatsapp.com
  2. Klik Group yang ingin diambil kontaknya.
  3. Memasukkan kode javascript pada browser console
  4. Mengcopy hasil nomor dalam bentuk JSON
  5. Mengolah JSON
  6. Buka Google Contact
  7. Modifikasi Google Contact
  8. Import Contact ke Google Contact
  9. Selesai

1. Buka web.whatsapp.com

Pastikan sudah menghubungkan whatsapp di smartphone menggunakan Whatsapp web, jadi kita bisa mengakses whatsapp melalui website.

2. Klik Group yang ingin diambil kontaknya

Pada Contoh, saya tergabung pada group startup.

Pilih group yang akan akan diambil kontaknya, langsung saja masuk Group Info ( tekan bagian atas group atau icon disamping kanan atas).

3. Memasukkan kode javascript pada browser console

Berikut script eksperimen saya bisa kalian gunakan untuk melakukan pengambilan nomor pada group whatsapp.Tekan F12 pada Browser ya untuk Inspect Element dan masuk ke tab Console atau CTRL + H + J pada Chrome

Tekan OK Untuk mulai mengambil dan ketika selesai, silahkan copy nomornya.

Penjelasan singkat mengenai kode diatas yaitu script akan melakukan scroll down otomatis terhadap group info lalu menyimpannya dalam Array.Semakin cepat scroll speednya belum tentu menjamin akan mendapatkan 100% anggota dari isi group karena render nomor kontak pada whatsapp membutuhkan beberapa waktu apalagi jika internet lemot bisa tidak tampil kalau scroll speed tinggi.

Pada script dibuat scroll down karena whatsapp tidak langsung menampilkan semua nomor melainkan merender sebagian – sebagian setiap scrollnya ( sekitar 15 kontak per scroll ).

4. Mengcopy hasil nomor dalam bentuk JSON

Oke, sekarang semua nomor sudah didapatkan.Kalian bisa mengcopy dan melanjutkan langkah berikutnya.

5. Mengolah JSON

6. Buka Google Contact

7. Modifikasi Google Contact

8. Import Contact ke Google Contact

9. Selesai

Langkah – langkah yang masih kosong akan diupdate segera ya, sementara sampai pengambilan nomor pada whatsapp dulu 🙂

Stay tune !

Sebagai informasi, script javascript diatas masih sangat butuh optimasi untuk metode pengambilannya supaya lebih efisien walaupun sebenarnya hasil akhirnya sama seperti itu yaitu mengambil nomor.

Yang perlu dioptimasi :

  1. Metode Pengambilan Nomor
  2. Metode Penyimpanan Nomor
  3. Membedakan panel group dan panel kontak sebelah kiri ( karena panel bagian kiri masih bisa tercopy, solusinya adalah mengarsipkan chat dulu seperti contoh diatas )
  4. Dan lain – lain ( Ide dari teman – teman sekalian melalui komentar )

Kontribusi ke Github Gist di : https://gist.github.com/fiando/f94ef8f58717d1c1505ca581aaf27225

Perhatian : Tidak selalu menjamin 100% working karena Whatsapp terus ada pembahuruan aplikasi yang akan membuat script tidak bekerja seperti biasa.

LEAVE A REPLY