Cara memperpendek URL dengan cepat

0

Ketika sering mendownload sebuah file, tentu tidak asing yang namanya dengan shortURL.DenganURL yang pendek tentu akan mempermudah user saat ingin mengaksesURL tersebut.Layanan shortURL mampu menyingkat URL yang begitu panjang menjadi sangat pendek.

Bandingkan URL ini https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2f/Google_2015_logo.svg/1200px-Google_2015_logo.svg.png dengan s.id/RxR.Saat membuka kedua link diatas, hasilnya sama saja, kita akan melihat logo Google.Nah, perbedaannya hanya saat membuka link pendek s.id/RxR langsung diarahkan ke link panjang diatas.

Ini yang dinamakan short url.Ada sangat banyak penyedia layanan pemendekURL ini, seperti https://bitly.com/https://goo.gl/http://tinyurl.com/, http://is.gd/http://adf.ly/, serta sangat banyak lainnya yang bisa Anda cari dengan keyword ‘short url’.

Dan diartikel kali ini akan mencoba memperlihatkan demo shorting url menggunakan short url s.id ( dari Indonesia ).

Langkah – langkahnya :

  1. Isi URL
  2. Klik tombol shorten untuk mendapatkan hasil URL yang pendek
  3. Hasil url pendek akan tampak seperti : s.id/[url-pendek]

Sebagai informasi, sebagian penyedia url menyediakan fasilitas untuk membebaskan kita memberi nama pada url kita.Seperti s.id, bisa saja url pendek kita bisa namai dengan s.id/LinkSatu atau s.id/LinkDua.Kalau sudah mengubah namanya sesuai yang kita mau tentu akan mempermudah pembacaan url tersebut, betul ?

Nah, dengan penggunaan short url ini semoga dapat memudahkan kita semua dalam berbagi informasi apapun itu, bisa link download, file, document, artikel, referensi, jurnal, dan lain sebagainya.

Dan bagi yang penasaran teknologi yang digunakan pada short url ini bisa membaca referensi lebih lanjut di link dibawah ini :

Semoga bermanfaat !!

LEAVE A REPLY