Cara Mempelajari React Native untuk Mobile Development

0

React Native adalah suatu mobile library yang dibuat oleh Facebook untuk pengembangan aplikasi mobile.Jika biasanya mobile framework yang berbasiskan adalah hybrid app dimana aplikasi yang dibuat berbasiskan webview ( komponen penampil website pada mobile ) tetapi tidak dengan React Native.React Native menjembatani proses development aplikasi mobile dengan Javascript dan hasil akhirnya pun benar – benar menjadikan aplikasi native baik di Android maupun iOS.Jadi, setiap komponen yang digunakan nantinya akan menggunakan komponen native yang disupport oleh Android ataupun iOS.Hal ini menjadikan perfoma aplikasi React Native jauh lebih unggul daripada aplikasi hybrid pada umumnya.Menarik bukan ?

Untuk memulai pengembangan dengan React Native tentu saja diperlukan dasar – dasar pengetahuan tentang Javascript dan React.Untuk hal ini jangan dikhawatirkan ya, karena sekarang kebanyakan dokumentasi framework maupun library yang ada didunia sudah cukup membantu termasuk React Native juga.Untuk pengetahuan dasar sebenarnya diperlukan untuk memahami lebih cepat saja dan tentunya akan lebih tahu kenapa menulis kode seperti ini atau seperti itu.

Oke langsung saja memulai mencoba mengembangkan aplikasi React Native.Saat artikel ini dibuat, versi React Native adalah 0.55.

Get Started – Untuk memulai menginstall

Learn the Basics – Diajarkan cara membuat komponen di React Native

Langkah – langkah untuk memulai sudah ada di situs resmi React Native atau bisa mengikuti langkah – langkah dibawah ini.

Jadi, pilih Get Started terlebih dahulu.

Getting Started

  1. Install NPM
  2. Create App React Native
  3. Expo
  4. Buat Project React Native
  5. Jalankan aplikasi

1. Install NPM

www.npmjs.com www.npmjs.com

2. Install Create App React Native

npm install -g create-react-native-app

3. Install Expo

Aplikasi Expo sangat unik, karena memungkinkan developer menjalankan aplikasi dan men-debugnya secara real-time pada Android / iOS saat sedang melakukan development.Jadi, saat kita melakukan coding pada text editor dan sudah merunning NPMnya, kita bisa memperhatikan juga hasil aplikasi pada mobile device kita yang sudah terinstall Expo ( bisa di cari & install di App Store ).Oh iya saat menggunakan Expo, pastikan jaringan komputer sama dengan mobile device ya.Misalnya, hotspot HP dinyalakan lalu digunakan oleh komputer / laptop.

4. Buat Project React Native

Kita akan membuat aplikasi React Native bernama Hello.Ketika sudah terinstall, kita masuk ke direktori Hello dan menjalankan perintah npm start

create-react-native-app andro
cd andro
npm start

5. Jalankan aplikasi

Proses menjalankan aplikasi saat npm start dan NPM akan melakukan pembungkusan ( bundling ) kode – kode javascript yang disiapkan untuk Expo ( karena kita menggunakan Expo ).Bisa dibuka file bernama App.js untuk mulai memodifikasi kode.Oh iya, saat merunning nanti di aplikasi EXPO akan meminta menscan QR Code.QR Code akan muncul di terminal / command line.

 

Scan QR Code

 

Hasil Running Aplikasi

 

Dan berikut source code dan tampilan workspace saya dengan text editor Visual Studio Code ( sangat recommended untuk pengembangan aplikasi berbasiskan Javascript !! )

 

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY