Born To Protect di Jogja !!

0

Beberapa minggu lalu setelah mengikuti Grand Final Telkom Hackathon 2018.Saya mendapat informasi mengenai acara Born To Protect.Karena penasaran, saya langsung memeriksa situs tersebut untuk mengenai detail kegiatannya.

Dikutip dari website tersebut :

Born To Protect adalah sebuah program dengan aktifitas terpadu untuk menjaring gladiator-gladiator muda di bidang Cyber security. Program ini digagas oleh Xynexis dan didukung sepenuhnya oleh KOMINFO.

Kompetisi ini adalah Kompetisi Cyber Security Nasional yang diharapkan setiap tahun bisa menjaring 10.000 kanditat talent Cyber Security Indonesia.

Untuk bisa menghimpun bakat-bakat Gladiator Cyber security Born to Protect akan hadir di 10 kota di Indonesia untuk melakukan Audisi.

Program Kompetisi ini akan memilih 100 gladiator IT untuk dididik menjadi Jagoan Cyber Security di event DIGITAL CAMP selama 2 Minggu. Dengan dibantu Mentor-mentor handal diharapkan bisa menciptakan talent yang berkualitas dari generasi muda Indonesia.

Juga acara ini akan digelar di 10 kota, yaitu Medan, Palembang,Jakarta, Bandung, Jogja, Malang, Samarinda dan Makassar, Denpasar dan Manado.

Oke, langsung saja saat sampai dilokasi ( Jogja ) dan melakukan registrasi ulang lalu menunggu sesi hacking dimulai.Ada banyak soal” yang harus dipecahkan yang berbentuk pilihan ganda dan CTF ( Capture The Flag ).Saya baru pertama kali dengar CTF dan jika berhasil menyelesaikan ini akan mendapat poin jauh lebih besar dibanding dengan mengerjakan soal pilihan ganda.

Soal pilihan ganda terdiri dari dua kategori yaitu soal Linux dan soal IT Security.Dan untuk CTF sendiri ada beberapa kategori soal yaitu cryptography, stego, binary analysis, reverse engeneering, website.

Menurut saya yang paling seru untuk diselesaikan adalah CTF karena ini sangat menantang.Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal” memang tidak lama ( sekitar 90 menit ).Jadi, memang harus diselesaikan dengan cepat dan tepat.Jika, cepat dan soal tidak berhasil terjawab, kita tidak dapat mengulangi menjawab kembali ( hanya satu kali kesempatan setiap soalnya ).

Nah, yang menarik disini adalah walaupun pengerjaannya individu tetapi diperbolehkan saling bekerja sama dan diperbolehkan mencari solusi ( searching ) diinternet.

Dan setelah selesai, hasilnya sangat mencengangkan ! poin yang didapatkan para peserta tinggi – tinggi.Mungkin sudah sangat terbiasa dengan dunia cyber security dan segala tools-nya.Dan tentu saja peserta ( ada 3 ) yang memiliki nilai tertinggi mendapatkan hadiah.Hasil bisa dilihat di https://www.borntoprotect.id/result#jogja

Dari kegiatan ini, ada beberapa hal yang ingin saya bagikan ke teman – teman sekalian :

  • Pelajari Linux.Ini sangat penting karena dunia hacking sangat dekat dengan sistem operasi yang satu ini.
  • Latihan mengenai kategori – kategori yang ada di CTF seperti cryptography, stego, binary analysis, reverse engeneering, website
  • Persiapkan tools untuk mempercepat menyelesaikan permasalahan.Tools bisa didownload satu persatu, tetapi rekomendasi dari saya langsung menggunakan Kali Linux karena OS tersebut sudah terinstall aplikasi – aplikasi hacking secara default dan sangat lengkap.
  • Ajak teman mengikuti acara sejenis ( karena bisa bekerja sama walaupun pengerjaannya individu ) ini sangat membantu dan pastinya poin akan jauh lebih besar karena pencarian solusi tidak sendiri.

O iya, untuk latihan – latihannya mungkin link dibawah bisa menjadi referensi :

Untuk referensi lain, bisa mencari dengan kata kunci CTF Pracitce, Hacking Game, Hacker Test, dan lain – lain yang berhubungan dengan IT Security.

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY