4 Kunci Kontribusi di Dunia Open Source ( DevC Meetup 11 x Qiscus TechTalk )

0

Pada tanggal 3 Agustus, saya mengikuti Tech Talks yang diselenggarakan oleh DevC Jogja ( DevC Meetup 11 x Qiscus TechTalk  ).

Dengan tema “Open Source Contribution for A Better World” yang dibawakan oleh Evan Purnama (CTO Qiscus) dan Ariya Hidayat ( Esprima dan PhantomJS ).

Oh iya, waktu itu saya melakukan RSVP ( pemesanan seat ) terlebih dahulu di http://bit.ly/devcjog11

Topik yang menarik di dunia open source dibawakan oleh Ariya Hidayat berisi tentang “How to Contribute to Open-Source”. Berikut 4 poin penting yang disampaikan :

1. Niat

Apa niat kita yang hingga membawa kita berkontribusi di dunia open source ? tentu saja naluri berbagi yang menjadi hal utama dan pastinya dengan semangat belajar untuk membangun pondasi yang kuat untuk terus berkontribusi.

2. Minat

Sangat penting untuk melakukan kontribusi sesuai dengan minat yang dimiliki.Berkontribusi dengan menggunakan teknologi atau bahasa pemrograman yang disukai.Kontribusi disini tidak selamanya tentang coding.Jika mempunyai kemampuan untuk menulis, bisa saja menerjemahkan ke bahasa lain, membuat ringkasan, atau bahkan mengoptimasi dokumentasi supaya lebih mudah dipahami oleh pembaca yang ingin menggunakan teknologi tersebut.

3. Kesinambungan

Mengerjakan project opensource harus memiliki komitmen dan secara konsisten untuk mengembangkan project tersebut.Semangat harus tetap dijaga disaat project menjadi trend dan kala tidak menjadi trend lagi.Project open source yang dilaunching bukan berarti harus dikerjakan secara cepat, meskipun lambat tidak masalah, asalkan itu sebuah kemajuan.

4. Sabar

Tetap sabar dalam mengerjakan project open source, karena respon orang – orang mungkin tidak sesuai dengan harapan kita.Bisa jadi itu tuntutan sangat tinggi yang mungkin bukan menjadi prioritas project kita bahkan memberi kritikan terhadap project kita.Nah, disinilah kunci sabar untuk menghadapi respon mereka terhadap project kita.Dari sini kita bisa tahu dan banyak belajar untuk mengembangkan project lebih baik.

By the way, singkat cerita untuk mas Evan Purnama (CTO Qiscus) yang menyampaikan tentang E2EE ( End To End Encryption ) dimana komunikasi antara penerima dan pengirim menjadi jauh lebih aman.Disini belajar banyak tentang Algoritma yang digunakan dalam E2EE, Perbandingan Algoritma E2EE, kapan saat menggunakan E2EE, hingga vendor – vendor yang menerapkan fitur E2EE seperti Whatsapp, Signal, dan Telegram juga tentunya Qiscus sendiri.

Semoga bermanfaat guys !

Tunggu artikel E2EE di waktu yang akan datang ya !

LEAVE A REPLY